Penyakit Keraktitis dan Pengobatannya

A. pengertian

Keratitis adalah suatu kondisi di mana kornea mata, bagian depan mata, menjadi meradang. Kondisi ini sering ditandai dengan nyeri sedang sampai kuat dan biasanya melibatkan penglihatan terganggu. Dapat menyebabkan perasaan menggaruk setiap kali individu mata berkedip 

B. Jenis 

Keratitis superfisial melibatkan lapisan dangkal (yaitu epitel) kornea. Setelah penyembuhan, bentuk keratitis umumnya tidak meninggalkan bekas luka.
Dalam keratitis melibatkan lapisan dalam kornea (yaitu The epitel, membran Bowman dan sering stroma), dan tentu saja alami meninggalkan bekas luka pada penyembuhan bahwa visi mengganggu jika pada atau dekat sumbu visual. Hal ini dapat dikurangi atau dihindari dengan penggunaan obat tetes mata kortikosteroid topikal.

C. Penyebab 

Keratitis memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah infeksi herpes hadir atau sebelumnya simplex virus sekunder terhadap infeksi saluran pernapasan atas, yang melibatkan luka dingin.

D. Patogen 

Keratitis amuba. Infeksi amuba kornea merupakan infeksi kornea yang paling serius, biasanya mempengaruhi pemakai lensa kontak. Hal ini biasanya disebabkan oleh Acanthamoeba. Pada tanggal 25 Mei 2007, CDC mengeluarkan penasihat kesehatan akibat peningkatan risiko Acanthamoeba keratitis (AK) terkait dengan penggunaan Advanced Medical Optics (AMO) Lengkap Moisture Ditambah solusi mata Multi-Purpose.
Keratitis bakteri. Infeksi bakteri kornea dapat mengikuti dari cedera atau dari memakai lensa kontak. Bakteri yang terlibat adalah Staphylococcus aureus dan untuk pemakai lensa kontak, Pseudomonas aeruginosa. Pseudomonas aeruginosa mengandung enzim yang dapat mencerna kornea.
Keratitis jamur (lih. Fusarium, menyebabkan insiden terbaru dari keratitis melalui kemungkinan vektor Bausch & Lomb ReNu dengan larutan lensa kontak MoistureLoc)
Keratitis Viral
Herpes simpleks keratitis (keratitis dendritik). Infeksi virus kornea sering disebabkan oleh virus herpes simpleks yang sering meninggalkan apa yang disebut 'ulkus dendritik'.
Herpes zoster keratitis
Keratitis Onchocercal, yang mengikuti infeksi O. volvulus oleh gigitan lalat hitam terinfeksi. Ini lalat hitam biasanya tinggal di dekat sungai berarus Afrika, sehingga penyakit ini juga disebut "kebutaan sungai".
Lainnya [sunting sumber | editbeta]
Paparan keratitis - karena kekeringan kornea yang disebabkan oleh tidak lengkap atau tidak memadai penutupan mata-tutup.
Photokeratitis - keratitis akibat paparan radiasi ultraviolet intens (misalnya salju kebutaan atau mata busur tukang las.)
Keratitis ulseratif
Hubungi lensa mata merah akut (Clare) - sebuah keratitis steril non-ulseratif yang terkait dengan kolonisasi bakteri Gram-negatif pada lensa kontak.
Respon alergi yang parah dapat menyebabkan peradangan dan ulserasi kornea (yaitu keratokonjungtivitis vernal).
Feline eosinophilic keratitis - mempengaruhi kucing dan kuda, mungkin diprakarsai oleh virus herpes kucing 1 atau infeksi virus lainnya.
Diagnosis [sumber sunting | editbeta]

Diagnosis yang efektif adalah penting dalam mendeteksi kondisi ini dan pengobatan selanjutnya seperti keratitis kadang-kadang keliru untuk konjungtivitis alergi.

F. Pengobatan 

Pengobatan tergantung pada penyebab keratitis itu. Keratitis infeksi dapat berkembang pesat, dan umumnya membutuhkan terapi antibakteri, antijamur, antivirus atau mendesak untuk menghilangkan patogen. Pengobatan biasanya dilakukan oleh dokter mata dan dapat melibatkan resep obat mata, obat sistemik, atau terapi bahkan intravena. Ini tidak disarankan untuk menggunakan over-the-counter tetes mata karena mereka biasanya tidak membantu dalam mengobati infeksi, juga menggunakan mereka dapat menunda pengobatan yang tepat, meningkatkan kemungkinan komplikasi yang mengancam penglihatan. Selain itu, pemakai lensa kontak biasanya disarankan untuk menghentikan memakai lensa kontak dan mengganti lensa kontak terkontaminasi dan kontak lensa kasus. (Lensa terkontaminasi dan kasus tidak harus dibuang sebagai budaya dari ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi patogen).
Solusi antibakteri termasuk Quixinex (levofloksasin), Zymar (gatifloksasin), Vigamox (moksifloksasin), Ocuflox (ofloksasin - tersedia dalam bentuk generik). Obat yang mengandung steroid tidak boleh digunakan untuk infeksi bakteri, karena mungkin memperburuk penyakit dan menyebabkan ulserasi kornea parah dan perforasi kornea [rujukan?]. Bandara Maxitrol termasuk (neomycin + polimiksin + deksametason - tersedia umum), serta obat steroid lainnya. Asiklovir adalah andalan pengobatan untuk HSV keratitis dan steroid harus dihindari di semua biaya dalam kondisi ini. Penerapan steroid untuk ulkus dendritik yang disebabkan oleh HSV akan menghasilkan cepat dan signifikan memburuknya ulkus untuk membentuk 'amoeboid' atau 'geografis' maag, dinamakan demikian karena peta ulkus ini seperti bentuk [rujukan?]. Satu harus berkonsultasi dengan dokter mata atau dokter mata untuk pengobatan kondisi mata.
Beberapa infeksi mungkin bekas luka kornea untuk membatasi visi. Orang lain mungkin menyebabkan perforasi kornea, (infeksi di dalam mata), atau bahkan hilangnya mata. Dengan perhatian medis yang tepat, infeksi biasanya dapat berhasil diobati tanpa kehilangan penglihatan jangka panjang.


0 comments:

Post a Comment