Beda Obat Paten dan Obat Generik


obat-Obat ialah suatu bahan atau paduan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangkan, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan badaniah dan rohaniah pada manusia atau hewan dan untuk memperelok atau memperindah badan atau bagian badan manusia termasuk obat tradisional.




Obat Generik

Adalah obat berkhasiat yang sudah habis masa patennya dan boleh diproduksi oleh perusahaan farmasi. Obat-obat tersebut sama persis antara nama yang tertera di kemasan dengan kandungan zat aktifnya sesuai nama resmi  International Non Propietary Names yang telah di tetapkan dalam Farmakope Indonesia. Contohnya: Parasetamol, Antalgin, Asam Mefenamat, Amoksisilin, Cefadroxyl, Loratadine, Ketoconazole, Acyclovir, Pantoprazole, Cloramfenikol dan lain-lain. Ada juga Obat Generik Bermerek yaitu obat generik tertentu yang diberi nama atau merek dagang sesuai kehendak produsen obat. Biasanya salah satu suku katanya mencerminkan nama produsennya. Contoh: natrium diklofenak (nama generik). Di pasaran memiliki berbagai nama merek dagang, misalnya: Voltaren, Voltadex, Klotaren, Voren, Divoltar, dan lain-lain.

Obat Paten

Adalah hak paten yang diberikan kepada industri farmasi pada obat baru yang ditemukannya berdasarkan riset.  Industri farmasi tersebut diberi hak paten untuk memproduksi dan memasarkannya, setelah melalui berbagai tahapan uji klinis sesuai aturan yang telah ditetapkan secara internasional. Biasanya obat ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan Obat Generik, karena memerlukan biaya riset yang sangat besar, dan dilindungi dengan undang-undang paten (10-20 tahun). Contohnya seperti Viagra, Candesartan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, antara obat Generik dan Obat Paten sebenarnya sama dilihat dari zat aktiv dan kualitas bahannya.Obat generik umumnya tersedia dengan biaya yang jauh lebih rendah karena perusahaan pembuat tidak harus menghabiskan sejumlah besar uang dalam penemuan awal dan proses pembangunan obat. Tapi tidak semua obat generik tersedia. Biasanya, ketersediaan obat generik dapat diperkirakan dengan mengukur jumlah obat generik yang dipasarkan ketika paten suatu obat berakhir. Ketika obat penurun kolesterol yang populer, simvastatin, habis masa patennya, maka sepuluh obat generiknya segera muncul di pasaran. Untuk bisa terdaftar secara resmi, obat generik harus menunjukkan efek setara dengan obat paten yang sudah terdaftar. Produsen harus menunjukkan bahwa bahan aktif yang terkandung dalam obat berada dalam kisaran 80% sampai 120% dari yang terkandung dalam obat paten. Prosedur ini sesuai dengan berbagai kebutuhan obat pasien dan menjamin bahwa terdapat cukup bahan aktif dalam pengobatan untuk memberikan efek terapeutik

1 comments:

  1. PEMESANAN CALL /SMS : 085 228 159 777

    SPESIALIS PEMBESAR PENIS

    OBAT PEMBESAR PENIS VIMAX CAPSUL HERBAL CANADA ADALAH obat herbal alami yang berfungsi untuk memperbesar dan memperpanjang alat vital sesuai yang di inginkan, secara cepat dan akurat tanpa efek samping serta paten dan permanen.
    Obat pembesar penis ini sudah terkenal di belahan dunia , dan sering dipakai oleh para gigolo untuk memaksimalkan ukuran penis, sehingga dapat memberikan kepuasan untuk pelanggannya. obat ini sudah di akui oleh para ilmuan belahan dunia , bahwa obat herbal untuk memperpanjang dan memperbesar penis ini sangat luar biasa, cepat akurat dan permanent. aman dan tanpa efek samping ini, obat tersebut telah menjadi pilihan para konsumen international.
    OBAT PEMBESAR PENIS VIMAX CAPSUL HERBAL CANADA
    Ket :
    VIMAX PIL PEMBESAR PRNIS PERMANENT.
    harga :
    Rp 500.000,- 1 Paket isi 30.
    Rp 900.000,-2 paket isi 30

    KLIK DIBAWAH SINI JUGA :
    http://WWW.VIMAXNUSANTARA.COM

    ReplyDelete